Syarat Umroh Bagi Umat Islam

Syarat Umroh Bagi Umat Islam

Umroh adalah salah satu ibadah yang dikerjakan oleh umat Islam. berbeda dengan ibadah haji, ibadah umroh ini memang bisa dilakukan kapan saja. Syarat umroh dan syarat haji juga ada perbedaan yang sedikit, sehingga jika orang yang sudah pernah melakukan haji, akan sangat mudah untuk bisa mengikuti syarat-syarat yang ada pada umroh. Umroh memang secara gambarannya hampir sama dengan berhaji, yaitu dengan mengunjungi Makkah Al Mukaramah, perbedaan yang paling mendasar adalah waktu pelaksanaannya yang berbeda. Seperti yang sudah jelas tertulis di atas, bahwa ibadah umroh memang dikerjakan kapanpunsemaunya dari jamaah tersebut, sedangkan untuk berhaji, harus mematuhi waktu yang telah ditentukan sebagaimana dalam kalender Islam.

Syarat umroh

Dalam hukum Islam, ada yang mengatakan apabila syarat umroh memang semuanya harus terpenuhi agar bisa tercapai umrohnya dengan baik, salah satu syarat yang mungkin utama dalam melakukan umroh adalah mampu. Untuk syarat mampu di sini memang bukan hanya pada konteks si calon jamaah cukup untuk membiayai keberangkatannya saja, akan tetapi calon jamaah juga harus dalam keadaan yang sehat dan mampu membiayai keluarganya yang ada di tanah air. Terutama bagi orang tua yang mengerjakan umroh, sedangkan anak-anaknya masih sekolah, kebutuhan finansial si anak yang ditinggal di tanah air juga harus terpenuhi.Jangan sampai menelantarkan keluarganya yang ada di tanah air. Sama saja umrohnya tersebut akan mengakibatkan kerugian pada salah satu pihak.

Syarat Umroh dan Rukunnya

Bagi umat muslim, untuk bisa menjalani ibadah haji ataupun umroh adalah suatu keberkahan dan panggilan yang luar biasa dari Allah SWT. Melakukan ibadah umroh memang tidak terbatas, ada juga umat Muslim yang melakukan umroh berkali-kali karena merasa mampu dan selalu merindukan bagaimana suasana yang ada di sana. Akan tetapi, bagi orang yang baru melaksanakan ibadah umroh, sebelumnya harus tahu segalanya perihal umroh.Salah satu yang wajib diketahui sebelum melakukan umroh adalah rukun dan syarat umroh.Itu wajib tahu dan harus dipelajari, agar nanti saat di sana tidak kebingungan.

Untuk yang pertama, mari kita membahas beberapa syarat umrohyang harus diketahui, yaitu :

  1. Islam

Tentu saja syarat utama untuk bisa menjalani ibadah umroh, haruslah beragama Islam.karena memang umroh ini adalah ibadah umat Islam, yang siapa saja ingin menjalaninya.

  1. Berakal

Melakukan ibadah umroh, banyak sekali aturan-aturan yang harus dilakukan, segala kegiatan dalam umroh, adalah ibadah dan berhubungan langsung dengan sang Maha Pencipta. Untuk itu, orang yang melakukan umroh haruslah memiliki akal yang sehat.

  1. Istitaah

Yang dimaksud di sini adalah mampu dalam segala hal.Baik fisik, akal, finansial untuk diri sendiri dan keluarga yang ditinggal di rumah.

  1. Baligh

Orang yang sudah dewasa, atau baligh memang boleh melakukan umroh.Jika anak kecil ikut dalam umroh, hal itu tidak dihitung umroh karena belum memenuhi syarat.

  1. Merdeka

Artinya bukan hamba sahaya yang tidak memiliki kemampuan untuk melaksanakan umroh.

Kemudian, umroh juga ada rukunnya. Apabila rukun tersebut tidak terlaksana salah satunya, maka akan dikenai dam atau denda. Rukun umroh adalah :

  1. Ihram
  2. Tawaf
  3. Sa’i
  4. Tahalul
  5. Tertib

Baik syarat umroh maupun rukunnya, harus tahu dan dijalankan.Agar ibadah umroh Anda bisa mudah tercapai, gunakanlah jasa Elharamina Wisata untuk keperluan ibadah umroh Anda. Dijamin, keberangkatan Anda menuju tanah suci bisa terwujud dengan mudah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *