Syarat Serta Rukun Haji Dan Umroh Yang Wajib Anda Ketahui

Syarat Serta Rukun Haji Dan Umroh Yang Wajib Anda Ketahui

Haji dan umroh merupakan salah satu hal yang sekarang ini sudah banyak dilakukan. Panggilan ke rumah Allah ini tentunya merupakan salah satu ibadah yang berada pada rukun Islam ke lima. Banyak cara yang dapat Anda lakukan untuk mendapatkan agen yang tepat dan dapat membantu Anda dalam berangkat ke tanah suci. Namun sebelum itu, tidak ada salahnya untuk memahami rukun haji dan umroh dengan baik. Berangkat ke tanah air bukanlah trend yang sedang populer, namun suatu keyakinan kepada Allah untuk melaksanakan Ibadah dan tentunya menyucikan hati serta fikiran.

rukun haji dan umroh

Syarat Haji Dan Umroh Untuk Umat Muslim Yang Ingin Menjalankan

Terdapat beberapa rukun haji dan umroh yang harus Anda fahami sebelum berangkat ke tanah suci. Syarat haji sendiri yaitu memiliki agama Islam yang pastinya, sudah baligh atau lebih tepatnya dewasa menurut agama, tidak memiliki gangguan jiwa atau memiliki akal yang sehat, dalam keadaan merdeka, dan tentunya mampu. Mampu disini tentu memiliki artian memiliki biaya yang memang dibutuhkan selama perjalanan haji Dan Umroh. Selain itu Anda yang sedang naik haji tentu memiliki kewajiban untuk tidak meninggalkan keluarga hingga terlantar pada masa haji Anda. Syarat-syarat di atas harus dipenuhi sedari awal oleh Anda.

Rukun haji sendiri adalah ihram atau sebuah niat untuk menunaikan ibadah dan menggunakan baju ihram. Baju ihram ini memiliki bentuk yang wajib digunakan ketika melakukan ibadah haji. Melakukan wukuf atau berdiam diri selama dhuhur pada tanggal 9 hingga 10 dzulhijjah di padang arafah. Haji juga mewajibkan Anda untuk melakukan tawaf yaitu mengelilingi ka’bah selama 7 kali. Sai atau berlari kecil dan tahallul atau mencukur rambut juga menjadi rukun dari haji. Perlu Anda ketahui bahwa rukun haji dan umroh memiliki tata tertib masing-masing. Rukun haji sendiri memiliki sifat wajib untuk dilakukan, dan biasanya sudah diberitahukan sebelumnya oleh biro atau agen yang membantu perjalanan Anda.

Syarat untuk umroh sendiri tidak jauh berbeda dengan syarat haji. Hanya saja memiliki rukun yang berbeda. Perbedaan dari rukun haji dan umroh hanya pada bagian wukuf saja. Apabila Anda menjalankan umroh, maka Anda tidak perlu melaksanakan wukuf dan tentunya tidak seperti sanksi yang diterapkan pada haji. Haji memiliki sanksi atau denda yang harus Anda bayarkan apabila tidak menjalankan salah satu dari rangkaian rukun haji, namun umroh tidak menerapkan hal tersebut. Terkadang Anda tentu masih ragu dengan kurangnya pengetahuan tentang rukun ini. Maka dari itu sangat penting untuk mencari agen yang dapat membimbing Anda.

Memilih Tour Perjalanan Yang Terpercaya Dan Aman

Banyak pilihan bagi Anda yang ingin menggunakan tour perjalanan. Tentunya tour ini sangat memudahkan karena mengatur perjalanan Anda dari awal hingga keberangkatan, bahkan membantu kebutuhan Anda selama berada di tanah suci. Pastikan bahwa Anda memang menemukan agen perjalanan yang terbaik. Salah satu pilihan tepat untuk Anda yaitu Elharamain wisata. Tour yang satu ini menyediakan beragam produk haji dan umroh yang telah banyak digunakan oleh masyarakat. Anda tidak perlu khawatir tentang pengetahuan rukun haji dan umroh, karena selama perjalanan Anda akan dibimbing dengan baik oleh pihak tour ini. Anda dapat memulai menggunakan jasa umroh Elharaian wisata ini, mulai melakukan syarat serta rukun umroh yang diperlukan oleh Anda, dan tentunya memantapkan hati untuk melakukan ibadah selama berada di tanah suci.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *