Persyaratan Umroh yang Wajib Anda Ketahui

Persyaratan Umroh yang Wajib Anda Ketahui

Perjalanan ke tanah suci Mekkah merupakan salah impian setiap umat muslim di dunia, baik umroh maupun haji. Namun, tahukah Anda bahwa banyak sekali persyaratan yang ternyata perlu dipersiapkan sebelum berangkat ke sana. Walaupun Anda yakin biro perjalanan umroh akan mengingatkan Anda untuk segera melengkapi persyaratan tersebut, namun tidak ada salahnya untuk mempelajari dan mempersiapkannya sejak awal. Berikut adalah beberapa persyaratan umroh yang wajib Anda ketahui.

persyaratan umroh

Persyaratan Umroh Utama

Ada 2 persyaratan umrohutama yang diwajibkan bagi seseorang agar bisa ikut perjalanan ke tanah suci ini, meliputi:

  • Beragama Islam

Umroh merupakan ibadah yang dilaksanakan oleh umat muslim sesuai dengan ajaran Islam. Tentu saja bagi warga non-Muslim tidak disyariatkan untuk melaksanakannya. Apabila mereka memang sekedar ingin berkunjung ke tanah suci, maka bukan melalui biro haji dan umroh melainkan melalui agen perjalanan wisata.

  • Sehat jasmani dan rohani

Jika calon Jemaah memang memiliki sakit tertentu, maka ia harus mendapatkan surat keterangan diijinkan melakukan perjalanan umroh dari dokter agar tetap bisa berangkat. Sementara itu, seseorang yang tidak sehat akalnya (gila) tidak diperbolehkan mengikuti umroh dengan alasan demi keamanan.

Persyaratan Dokumen

Apabila telah memenuhi kedua persyaratan umroh yang utama di atas, selanjutnya ada persyaratan dokumen yang harus dipenuhi, meliputi:

  • Memiliki paspor asli 48 halaman yang masih berlaku minimal 6 bulan sebelum keberangkatan
  • Nama yang tercantum di dalam paspor harus memiliki 3 suku kata, contohnya Adi Rizal Ramadhan (jika nama hanya 1 atau 2 suku kata, maka disarankan untuk menambahkan nama keluarga atau marga saat pembuatan paspor)
  • Fotocopy KTP
  • Kartu Keluarga asli (bagi jamaah di atas usia 45 tahun)
  • Buku nikah yang asli (bagi pasangan suami istri yang berangkat bersama)
  • Bagi jamaah di bawah usia 17 tahun wajib menunjukkan akte kelahiran asli
  • Bagi jamaah wanita di bawah usia 40 tahun wajib didampingi oleh mahramnya dengan menyertakan Surat Keterangan Mahram
  • Buku kuning atau sertifikat telah melakukan vaksin meningitis meningokokus
  • Pas foto terbaru dengan background putih berukuran 4×6 sebanyak 6 lembar (wajah harus tampak 80%)

Dokumen-dokumen sebagai persyaratan umroh di atas sebaiknya sudah diserahkan kepada biro perjalanan sehingga bisa segera diproses.

Pada umumnya, biaya yang diperlukan untuk sekali umroh berkisar antara 20-30 juta. Terlebih lagi, saat ini pemerintah Indonesia memang sudah menetapkan bahwa biaya paling murah dari perjalanan umroh adalah 20 juta. Dengan biaya tersebut, Anda biasanya sudah bisa mendapatkan visa umroh, tiket perjalanan PP kelas ekonomi, biaya bagasi, menginap di hotel berbintang, transportasi dengan bus full AC, biaya makan 3x sehari, 5 liter air zamzam, dan biaya pendamping selama di tanah suci. Jadi, jika Anda mendapatkan tawaran umroh di bawah harga tersebut, Anda perlu menyelidiki lebih lanjut mengenai tawaran tersebut.

Selanjutnya, pastikan ketika hendak berangkat, calon jamaah sudah memegang tiket pesawat menuju dan pulang dari Indonesia-Jeddah Arab Saudi. Selain itu, pastikan juga dimana hotel yang hendak Anda tinggali selama beribadah di tanah suci.

Setelah mengetahui segala persyaratan umroh, sudahkah Anda menentukan biro umroh mana yang akan membantu Anda dalam mempersiapkan perjalanan tersebut? Jika belum, maka Anda bisa mempertimbangkan menggunakan jasa umroh Elharamina Wisata. Anda bisa berkonsultasi lebih jauh mengenai persyaratan, kebutuhan, biaya, maupun hal-hal lain terkait keberangkatan ke tanah suci.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *