Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum dan Ketika Melakukan Perjalanan Umroh

Umroh atau haji kecil merupakan salah satu ibadah yang hampir sama dengan haji namun dengan aturan yang lebih sederhana. Tidak seperti haji yang waktunya sudah ditentukan, ibadah umroh bisa dilakukan kapan saja sesuai keinginan calon jamaah. Sebelum melakukan perjalanan umroh, hal utama yang harus dipersiapkan adalah kesehatan fisik mengingat bahwa perjalanan ini cukup jauh. Selain karena jarak, ibadah umroh memang  mengharuskan fisik prima agar serangkaian kegiatan ibadah dapat dijalankan dengan sempurna. Sebelum berangkat, biasanya Anda akan diberi arahan oleh pihak agen travel umroh mengenai apa saja yang akan dilakukan setiba di tanah suci. Berikut beberapa tips bagi Anda yang akan menjalani ibadah umroh.

Perjalanan Umroh

Tips Sebelum dan Ketika Melakukan Perjalanan Umroh

  • Persiapkan Kesehatan Fisik Sebelum Berangkat

Fisik dan mental yang baik perlu dipersiapkan sebelum melakukan perjalanan umroh agar nantinya Anda dapat melakukan seluruh rangkaian ibadah dengan khusyu. Oleh sebab itu, usahakan memeriksakan kesehatan diri ke dokter pribadi atau pun rumah sakit. Dengan begitu, jika terdeteksi gejala tertentu bisa langsung ditangani sejak dini. Selain itu, lakukanlah vaksinasi khusus untuk penyakit tertentu sebagai langkah pencegahan awal. Langkah lain agar sehat fisik dan mental adalah dengan menjaga gaya hidup dan pola makan. Usahakan untuk rutin jalan kaki setiap pagi atau setiap sore untuk melatih otot kaki karena ibadah umroh memerlukan kekuatan kaki yang kuat.

Perlu diketahui bahwa cuaca ekstrim seringkali terjadi di tanah suci sehingga Anda perlu membiasakan diri di bawah terik matahari. Oleh sebab itu, saat melakukan perjalanan umroh usahakan cukup minum air putih untuk mencegah dehidrasi, dan hindari mengonsumsi minuman manis saat di sana. Hal itu disebabkan oleh minuman manis memicu darah menjadi pekat sehingga membuat Anda menjadi mudah lelah. Selanjutnya, persiapan yang perlu dilakukan sebelum berangkat adalah pakaian. Bawalah baju hangat, kaos kaki, kaos tangan, tutup kepala, dan pakaian lain yang sekiranya dibutuhkan.

  • Bawalah Barang Seperlunya Ketika Mengunjungi Masjidil Haram

Ketika sudah sampai di tanah suci, dan akan mengunjungi Masjidil Haram usahakan membawa tas yang transparan. Mengapa? Karena akan mempercepat proses pengecekan barang bawaan saat berada di dalam masjid. Bawalah tas berukuran sedang sehingga praktis dibawah-bawa. Selanjutnya, saat melakukan perjalanan umroh ini usahakn selalu membawa perlengkapan seperti Al Qur’an, buku doa, botol plastik sebagai wadah air zam-zam, kantong plastik sebagai wadah sandal, uang untuk infaq, kacamata hitam, dan penutup kepala. Agar proses pemeriksaan berjalan cepat, bawalah barang-barang secukupnya saja, dan tinggalkan barang yang tidak perlu di penginapan.

  • Selalu Bersama Rombongan Ketika Thawaf

Thawaf merupakan salah satu ibadah yang akan Anda lakukan saat perjalanan umroh. Hal yang perlu diingat saat melakukan thawaf adalah jangan sampai terpisah dari rombongan atau pun dari pasangan. Oleh sebab itu, sangat tidak disarankan untuk melakukan thawaf sendirian. Selalu berpegangan atau bergandengan dengan teman satu rombongan atau pasangan, dan ikuti arus putaran thawaf. Urungkan niat untuk menerobos dan menyeberang untuk lebih dekat ke Kakbah jika hal tersebut akan membuat Anda terpisah dari rombongan.

Bagi Anda yang berencana melakukan ibadah umroh, maka bisa menggunakan jasa agen umroh dengan menghubungi Elharamain Wisata. Pelayanan dari jasa umroh ini sangat baik dan memuaskan karena demi mewujudkan ibadah suci Anda agar khusyu.

Leave a Reply

%d bloggers like this: