Melaksanakan Ibadah Umroh dengan Baik

Melaksanakan Ibadah Umroh dengan Baik

Sebelum melaksanakan ibadah umroh, ada baiknya kita tahu, apa sih hukumnya umroh itu bagi kita umat Muslim? Dan pengertian umroh itu sebenarnya yang benar itu apa? Nah, jika Anda belum tahu, umroh itu memiliki arti mengunjungi, lebih tepatnya mengunjungi ka’bah dengan berbagai serangkaian ibadah yang telah diatur di dalam Al-Qu’an dan Sunah Nabi. Lalu, hukum untuk melakukan umroh bagi umat Islam telah tercantum pada Qur’an Surat Al-Baqarah ayat 196 yang berbunyi “Sempurnakan haji dan Umroh karena Allah SWT” yang berarti umroh itu bisa dikatakan wajib sama halnya dengan haji, apabila memenuhi syarat-syarat yang telah ditentukan.

ibadah umroh

Makkah adalah tanah suci yang siapa saja bagi umat Islam di seluruh dunia ingin mengunjunginya. Bila ke sana, kebanyakan umat Islam untuk melakukan ibadah haji ataupun ibadah umroh. Bagi umat Islam, bisa melaksanakan haji yang seumur hidup hanya sekali, memang terkadang banyak ssekali halang dan rintangannya, karena memang pelaksanaan haji hanya dilakukan setahun sekali.Tapi Anda tidak perlu khawatir, jika ingin merasakan indah dan damainya beribadah ke tanah suci, Anda bisa melakukan umroh yang bisa Anda lakukan di waktu kapanpun dan bulan apapun.ibadah ini memang sifatnya bebas dan tidak terikat dengan satu bulan sama halnya seperti ibadah haji. Jadi, bagi yang menurutnya susah untuk melakukan ibadah haji, bisa lakukan umroh. Dan bila suatu hari nanti mendapat panggilan dari Allah untuk berhaji, maka berangkatlah.

Hal-Hal yang Perlu Diketahui Dalam Ibadah Umroh

Sebelum melaksanakan umroh, ada baiknya memang Anda harus tahu segalanya mengenai umroh. Berangkat ke tanah suci dan berniat untuk melaksanakan ibadah umroh, tidak secara spontan dan tanpa adanya persiapan. Setidaknya, Anda harus mengetahui syarat-syarat yang menjadi wajibnya umroh dan juga rukunnya. Untuk syarat umroh, adalah sebagai berikut :

  1. Islam
  2. baligh
  3. Berakal
  4. Istitaah
  5. Merdeka

Jika syarat-syarat tersebut telah terpenuhi, Anda sudah bisa dikatakan untuk melakukan umroh, dan malah harus disegerakan.Apabila syarat-syarat tersebut sudah terpenuhi dan tidak segera dilaksanakan, nanti bisa hilang kesempatan untuk melakukan ibadah umroh ke tanah suci.

Selanjutnya, kita juga harusb tahu bagaimana rukun yang harus kita kerjakan saat umroh nanti. Kita harus tahu urut-urutannya seperti apa. Menurut hukum Islam, rukun umroh ataupun haji, harus semuanya dilaksanakan dan jangan sampai tertinggal, apabila tertinggal, si pelaku harus membayar dam atau pajak setelah pulang dari tanah suci, sesuai dengan ukuran yang telah ditentukan. Untuk rukun-rukunnya adalah :

  • Ihram
  • Tawaf
  • Sa’i
  • Tahalul
  • Tertib

Semua rukun-rukun tersebut, harus dilakukan dengan berurutan, dan jangan sampai ada yang tertinggal. Bila tertinggal, bisa saja umrohnya tidak sah.

Selain itu, ibadah umroh juga ada larangan-larangannya yang tidak boleh dilakukan ketika masih melakukan prosesi ibadah tersebut, yaitu :

  • Tidak boleh menikah atau menikahkan
  • Tidak boleh melakukan hubungan suami isteri
  • Tidak boleh berkata kotor.
  • Jangan merusak tanaman atau ekosistem yang ada di sana
  • Bagi laki-laki tidak boleh memakai penutup kepala
  • Bagi perempuan, jangan bercadar

Masih ada beberapa larangan lagi yang harus Anda ketahui ketika melakukan ibadah umroh. Agar ibadah Anda ke sana lancar dan mendapat pengetahuan dalam umroh, bisa menghubungi Elharamina Tour untuk menjadi sahabat Anda dalam melakukan umroh, karena kenyamanan dalam beribadah menjadi hal penting juga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *