Begini Persyaratan dan Cara Membuat Visa Umroh

Setiap umat muslim tentu mendambakan dapat menginjak tanah suci Mekkah baik ketika umrah maupun haji. Akan tetapi, yang banyak dilakukan oleh umat muslim adalah umrah karena bisa dilakukan kapan saja sedangkan haji harus menunggu waktu yang sangat lama bahkan bertahun-tahun. Nah bagi Anda yang akan melakukan ibadah umrah, visa umroh menjadi salah satu persyaratan penting yang harus Anda siapkan selain menyiapkan jadwal keberangkatan, memilih agen travel umrah dan juga menyiapkan kondisi fisik. Pasalnya, apabila Anda tidak memiliki visa untuk umrah meskipun Anda sudah menyiapkan jadwal, memilih agen travel umroh dan sudah menyiapkan kondisi fisik maka Anda akan tetap tidak dapat berangkat umrah karena belum memiliki visa umrah.

visa umroh Mekkah

Mengingat pentingnya memiliki visa umrah untuk keberangkatan umrah ke tanah suci, maka dari itu bagi Anda yang belum memilikinya harus memiliki visa umrah sebelum berangkat umrah. Caranya bagaimana? Sebetulnya, untuk bisa memiliki visa umrah Anda harus membuatnya terlebih dahulu. Untuk membuat visa umrah dapat dilakukan sendiri maupun melalui agen travel umrah. Apabila Anda akan membuat visa umrah sendiri, maka ada beberapa persyaratan dan langkah dalam proses pembuatan visa umroh.

Persyaratan Membuat Visa Umroh

Berikut adalah persyaratan dalam membuat visa umrah, antara lain:

  1. Kartu Keluarga (KK)

Anda harus memastikan bahwa Anda memiliki Kartu Keluarga (KK) asli sebagai persyaratan dalam membuat visa untuk umrah.

  1. Memiliki Paspor

Paspor wajib dimiliki ketika Anda akan pergi ke luar negeri. Selain itu, Anda juga wajib untuk memiliki paspor apabila hendak membuat visa umroh. Paspor yang digunakan ini adalah paspor yang memiliki nama lengkap dengan minimal tiga suku kata. Seperti misalnya Reni Indah Larasati atau Fauzan Dwi Kusuma. Apabila Anda memiliki nama kurang dari 3 suku kata maka Anda harus menambahkannya menggunakan nama ayah atau kakek. Hal ini bertujuan agar meminimalisir resiko kehilangan orang dan resiko lainnya seperti membingungkan petugas dan sebagainya. Selain persyaratan paspor yang diterima adalah tercantum nama pada paspor dengan minimal 3 suku kata, persyaratan lainnya adalah paspor masih berlaku dengan waktu minimal 8 bulan sebelum Anda berangkat umrah.

  1. Buku Nikah

Bagi Anda yang akan melaksanakan ibadah umrah bersama dengan pasangan, maka ketika membuat visa umroh wajib untuk membawa buku nikah sebagai bukti bahwa Anda akan umrah bersama dengan pasangan yang sudah sah dengan menunjukkan buku nikah.

  1. Surat Mahram

Khusus bagi Anda seorang wanita yang akan melakukan ibadah umrah tanpa didampingi oleh suami maupun keluarga, maka wajib untuk menyerahkan surat mahram sebagai syarat pengajuan pembuatan visa umrah.

  1. Akta Kelahiran

Akta kelahiran juga merupakan salah satu persyaratan yang harus dipenuhi ketika akan membuat visa umrah.

  1. Bukti Kuning Suntik Meningitis (Vaksinasi)

Anda harus menyerahkan bukti kuning suntik meningitis sebagai salah satu pengajuan pembuatan visa umroh. Bagi Anda yang belum memiliki buku kuning tersebut, untuk mendapatkannya Anda harus melakukan vaksinasi yang bisa dilakukan di DinKes kota atau di Kantor Kesehatan Pelabuhan.

  1. Pas Foto

Anda juga harus menyerahkan pas foto dengan background berwarna putih dan ukuran 4×6 sebanyak 6 lembar. Pastikan pas foto yang diberikan adalah foto dengan wajah close up.

  1. Tiket Pesawat

Selain pas foto, tiket pesawat juga menjadi salah satu persyaratan pembuatan visa umrah. Anda harus menunjukkan tiket pesawat yang asli untuk tiket pulang dan pergi dari Jakarta-Jeddah dan Jeddah-Jakarta.

  1. Bukti Transportasi dan Akomodasi

Bukti transportasi dan akomodasi yang dimaksud adalah meliputi bukti kontrak hotel atau penyewaan hotel serta penyewaan bus selama proses umrah berlangsung.

  1. Jadwal Perjalanan

Calon jamaah umrah yang akan mengajukan pembuatan visa umroh harus membawa bukti jadwal perjalanan umrah lengkap dari awal kegiatan hingga akhir.

  1. Data Pihak Penanggung Jawab

Dalam mengajukan pembuatan visa umrah, Anda juga harus menyerahkan data pihak penanggung jawab atas kegiatan dan perjalanan Anda selama proses umrah.

  1. Menyiapkan Salinan Legalitas Agen/Biro Perjalanan Wisata

Anda harus menyiapkan salinan legalitas agen atau biro yang menangani perjalanan umrah Anda. Hal ini untuk memastikan bahwa agen atau biro yang Anda gunakan sudah terdaftar secara legal.

  1. Mematuhi Aturan

Selain persyaratan-persyaratan yang telah disampaikan di atas, syarat lainnya dalam pengajuan pembuatan visa umroh adalah mematuhi aturan yang berlaku dengan baik yang ditetapkan oleh KBSA, Kementerian Agama RI dan pihak-pihak penyelenggara umrah yang ditetapkan oleh KBSA.

Apabila Anda sudah memenuhi semua persyaratan yang ditentukan untuk membuat visa umrah, maka selanjutnya adalah bagaimana proses pengajuan pembuatan visa umrah.

Cara membuat Visa Umroh

Cara Pengajuan Pembuatan Visa Umroh

Dalam pembuatan visa untuk umrah, dapat dilakukan melalui beberapa proses untuk pengajuan visa. Mulai dari pengumpulan berkas-berkas persyaratan hingga proses diterbitkannya visa umroh yang melewati beberapa tahapan dan juga pihak-pihak. Berikut adalah proses pengajuan dan pembuatan visa umrah:

  1. Calon jemaah umrah sebagai pendaftar visa mendaftar melalui perantara agen/biro haji dan umrah.
  2. Agen/Biro haji dan umrah berperan sebagai provider yang memiliki wewenang dalam mengurus MOFA dan mendaftarkan visa calon jemaah umrah ke Dubes (Kedutaan Besar) Arab Saudi (KBSA). Mofa atau Ministry of Foreign Affairs merupakan bentuk voucher konfirmasi yang diterbitkan oleh Kementerian Haji Arab Saudi untuk calon peserta umrah yang didasarkan pada kuota yang tersedia. Sebelum mengajukan visa, calon jemaah umrah wajib memiliki MOFA.
  3. Penyelenggara umrah Arab Saudi yang ditunjuk Kementerian haji lalu ditugaskan untuk menerbitkan MOFA.
  4. Kedubes Arab Saudi yang berperan sebagai pihak penerima dan pemeriksa semua berkas aplikasi, lalu menerbitkan visa umroh untuk calon jemaah umrah.

Itulah beberapa persyaratan yang harus Anda penuhi sebelum mengajukan pembuatan visa umrah beserta proses pengajuan dan pembuatan visa umrah. Sebagai tambahan catatan, akan kami berikan informasi kepada Anda calon jemaah haji dan umrah, yaitu:

  1. Dalam pengajuan visa umrah, tidak ada visa yang ditolak. Semua pengajuan visa umrah untuk keperluan ibadah umrah pasti akan diterima selama semua persyaratan terpenuhi, kecuali apabila calon jemaah umrah yang mengajukan visa tersebut pernah melakukan tindak kejahatan.
  2. Visa umrah memiliki masa berlaku untuk tiga kota yaitu Jeddah, Madinah dan Mekkah.
  3. Visa umrah berlaku untuk sekali perjalanan, sehingga apabila Anda akan melakukan ibadah umrah di lain waktu maka harus membuat lagi visa umrah yang baru.

Demikian informasi mengenai persyaratan pengajuan sekaligus cara pembuatan visa umroh. Agar proses pembuatan visa umrah Anda lebih aman dan nyaman, Anda bisa menggunakan jasa travel umroh Elharamain Wisata sebagai biro wisata perjalanan umroh yang terpercaya yang akan melayani Anda mulai dari pengajuan persyaratan hingga perjalanan pulang

Leave a Reply

%d bloggers like this: