Tips Memilih Travel Haji dan Umroh Nyaman dan Terpercaya

Tips Memilih Travel Haji dan Umroh Nyaman dan Terpercaya

Ibadah haji merupakan ibadah yang wajib dilakukan bagi orang mampu minimal 1 kali dalam seumur hidupnya. Sedangkan umroh merupakan ibadah yang hukumnya sunnah. Sebagai negara dengan mayoritas Islam, sudah sewajarnya jika jumlah jamaah haji dan umroh Indonesia meningkat setiap tahunnya. Tidak heran jika banyak penyedia jasa travel haji dan umroh  untuk memudahkan para jamaah untuk mendaftarkan diri menjadi jamaah haji dan umroh. Haji dan Umroh merupakan ibadah yang sangat diidam-idamkan dapat dilakukan oleh seluruh umat Islam. Menjalankan ibadah haji dan umroh merupakan perjalanan yang akan membawa umat Islam menuju ke tanah suci yaitu Baitullah atau rumah Allah. Kedua ibadah ini dijalankan di tempat yang sama yaitu di Kota Makkah. Meski demikian kedua ibadah ini memiliki perbedaan, yaitu terletak pada hukumnya.

travel haji dan umroh

Jamaah haji dari Indonesia termasuk ke dalam salah satu yang tertinggi. Jumlah jamaah yang semakin meningkat setiap tahunnya, pemerintah sendiri mengambil kebijakan untuk membatasi jumlah jamaah yang berangkat ke tanah suci setiap tahunnya. Tidak heran jika saat ini untuk bisa berangkat ke tanah suci, calon jamaah haji harus menunggu beberapa tahun untuk bisa berangkat. Untuk mendaftar sebagai calon jamaah haji dan umroh, tidak sedikit para calon jamaah yang memilih mendaftarkan diri pada agen travel haji dan umroh dengan harapan dapat mempercepat keberangkatan. Namun sebagai calon jamaah Anda harus cerdas dan teliti dalam memilih agen yang menyediakan travel haji dan umroh.

 

Sebelum Anda memilih sebuah agen perjalanan, sebaiknya Anda pastikan bahwa penyedia agen perjalanan tersebut merupakan agen travel haji dan umroh yang telah terdaftar di Kementerian Agama Republik Indonesia dan memiliki lisensi. Teliti sebelum mendaftarkan diri di sebuah agen perjalanan, merupakan salah satu langkah untuk mencegah terjadinya penipuan dalam perjalanan haji dan umroh. Nah, bagi Anda yang ingin mendaftarkan diri sebagai calon jamaah haji atau umroh di sebuah agen travel haji dan umroh, berikut adalah beberapa informasi mengenai tips memilih agen travel haji dan umroh yang aman dan terpercaya.

 

Tips Memilih Agen Travel Haji dan Umroh yang Aman dan Terpercaya

5 pasti umroh

  1. Agen Travel Memiliki Lisensi dan Sudah Terdaftar Secara Resmi di Kementrian Agama

Hal pertama dan utama yang perlu Anda perhatikan saat memilih agen travel haji dan umroh adalah agen travel telah resmi terdaftar di Kementrian Agama Republik Indonesia. Apabila agen travel yang Anda datangi tidak dapat menunjukkan surat izin dari Kementerian Agama, sebaiknya Anda mencari agen travel lainnya. Hal ini untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan. Jika Anda masih kebingungan untuk mencari tau apakah agen travel tersebut resmi atau tidak, Anda bisa mencoba beberapa cara, yaitu pertama Anda dapat langsung mendatangi kantor Departemen Agama yang sesuai dengan domisili tempat tinggal Anda. Anda bisa menanyakan apakah agen travel yang Anda tuju telah terdaftar atau belum. Kedua Anda bisa langsung mencari tau melalui akses internet dengan membuka website resmi Kementerian Agama Republik Indonesia. Selain itu, Anda bisa mengetahui apakah agen travel haji dan umroh yang Anda tuju telah terdaftar jika memiliki surat-surat sebagai berikut:

 

  • Surat izin tetap usaha pariwisata
  • Memiliki NPWP perusahaan
  • Surat tanda perusahaan telah terdaftar
  • Surat keterangan domisili perusahaan
  • Sertifikat anggota Amphuri
  • SK dari Menteri Kehakiman berupa Akta Pendirian Perusahaan
  • SK Departemen Agama Dirjen Penyelenggara Haji dan Umroh (sebagai penyelenggara perjalanan ibadah Haji Khusus)
  • SK Departemen Agama Dirjen Penyelenggara Haji dan Umroh (sebagai penyelenggara perjalanan ibadah Umroh Khusus)
  • Sertifikat lembaga bisnis syariah dari Dewan Syariah Nasional MUI

 

  1. Perhatikan Rekam Jejak Agen Travel

Agen travel haji dan umroh yang telah terpercaya dan aman pastinya memiliki rekam jejak (trade record) yang bagus pula. Untuk melihat rekam jejak dari agen travel Anda bisa memperhatikan beberapa hal, mulai dari tanggal dan tahun berdirinya hingga jumlah haji dan umroh yang telah diberangkatkan oleh agen travel. Semakin lama berdiri, dapat dipastikan bahwa agen travel tersebut telah berpengalaman untuk melayani para jamaah. Selain itu, semakin banyak atau semakin sering travel tersebut memberangkatkan jamaah, maka semakin tinggi pula kredibilitas agen travel tersebut. Banyaknya jumlah pemberangkatan menandakan bahwa agen travel tersebut telah dipercaya oleh para jamaah.

  1. Periksa Alamat Kantor untuk Memastikan

Sebelum Anda memilih salah satu agen travel, ada baiknya Anda melakukan survey. Anda bisa mendatangi kantor travel yang akan Anda gunakan. Dengan mendatangi langsung kantor travel, Anda dapat memastikan bahwa agen travel haji dan umroh yang akan Anda gunakan jasanya dapat dipercaya.

  1. Cek dan Recek Fasilitas yang Ditawarkan

Agen travel haji dan umroh yang baik pasti akan memberikan penjelasan mengenai fasilitas apa saja yang akan diterima oleh jamaah. Selain itu, agen travel juga akan memberikan penjelasan mengenai fasilitas apa yang dibayar sendiri oleh para jamaah karena tidak termasuk ke dalam fasilitas yang disediakan agen travel. Dengan mengetahui fasilitas yang diberikan, Anda dapat membandingkan apakah harga yang Anda bayarkan sesuai dengan fasilitas yang diberikan oleh age travel.

  1. Cari Informasi Mengenai Travel dari Keluarga dan Kerabat Dekat

Selain mencari informasi mengenai travel yang menyediakan paket haji dan umroh dari internet, Anda juga bisa mencari informasi melalui keluarga dan kerabat dekat Anda yang pernah memakai jasa travel untuk berangkat haji atau umroh. Selain harga, Anda juga bisa menggali informasi sebanyak-banyaknya mengenai fasilitas yang diberikan.

  1. Cek Tata Cara dan Prosedur Pembayaran

Biasanya, agen travel penyedia jasa pemberangkatan haji dan umroh yang resmi selalu menggunakan jasa perbankan untuk melakukan segala transaksi pembayaran. Untuk memastikan, Anda bisa melihat nama di rekening pembayaran. Pastikan rekening atas nama perusahaan bukan atas nama pribadi. Anda perlu berhati-hati jika agen travel meminta Anda untuk melakukan transaksi pembayaran ke rekening pribadinya.

  1. Hindari Agen Travel yang Menggunakan Sistem MLM

Jika Anda memilih agen travel umroh, sebaiknya Anda menghindari agen yang menggunakan sistem pembayaran dengan sejumlah uang untuk dapat bergabung dan diminta untuk mengajak orang lain untuk bergabung. Jika ada travel yang menggunakan sistem seperti ini, sebaiknya Anda memilih untuk menggunakan jasa travel lainnya. Sistem seperti sistem MLM ini bahkan dilarang karena dianggap menyebabkan salah satu pihak mengalami kerugian meski salah satu pihak lainnya mendapatkan keuntungan.

  1. Tanyakan Mengenai Pembimbing Saat Umroh

Saat memilih agen travel, pastikan bahwa agen tersebut menyediakan pembimbing yang akan menemani perjalanan umroh Anda selama berada di tanah suci. Keberadaan pembimbing dianggap penting untuk membantu saat jamaah mengalami kesulitan.

Sebelum memilih agen travel, sebaiknya Anda telah mengetahui track record dari travel haji dan umroh yang Anda pilih untuk menjamin perjalanan ibadah Anda. Elharamain wisata dapat menjadi pilihan terbaik Anda untuk menjalankan ibadah umroh. Ibadah Anda tidak akan terganggu jika anda memiliki travel umroh yang terpercaya. Pilih paket sesuai dengan keinginan agar Anda dapat menjalankan ibadah dengan lancar dan sesuai harapan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *